Friday, June 27, 2008

Australia Biayai Penanganan Resiko Flu Burung

Pemerintah Australia membiayai penanganan resiko patogen flu burung di Balai Karantina Pertanian. Dari program Indonesian Quarantine Strengthening Program (IQSP) merupakan upaya kemitraan Balai Karantina Pertanian dengan Australian Quarantine and Inspection Services (AQIS) yang sudah berlangsung sejak 2006 dan akan berakhir pada 2008 ini.

SYUKUR IWANTORO Kepala Balai Karantina Pertanian Departemen Pertanian RI pada TRI MARTHA reporter Suara Surabaya, Kamis (12/06) mengatakan, Balai Karantina Pertanian harus bisa memfasilitasi pencegahan penyakit yang fatal. Misalnya saja flu burung, anjing gila, sapi gila, typhus, dan penyakit kuku dan mulut.

Sementara kerjasama dengan pemerintah Australia akan memberikan bahan peralatan fasilitas operasional, transportasi pada pemerintah daerah di berbagai daerah di Indonesia, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Balai Karantina Pertanian, dan petugas unit pelaksana teknis. Serta mengirimkan tenaga ahli tiga bulan sekali untuk lakukan perawatan, menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam ikut serta bersama pemerintah.

Balai karantina sudah memeriksa 26.878 pada hewan dan produk hewan di Pelabuhan Tanjung Perak, Bandara Juanda, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Gresik, Situbondo, dan Bawean.

(source:
suarasurabaya)

0 comments:

Artikel Terkait