Sunday, February 24, 2008

perkawinan kuda

PERKAWINAN PADA KUDA


Kuda merupakan hewan yang bersifat nomadik dan bersemangat tinggi. Dalam keadaan liar efisiensi reproduksi kuda dapat mencapai 90 % atau lebih tetapi dalam kondisi domestic dengan adanya campur tangan manusia tingkat efisiensi reproduksinya sangat menurun. Hal itu disebabkan oleh kurangnya kesempatan latihan fisik, penyakit serta manajemen pemeliharaan yang belum baik.

Seekor kuda betina dara akan mencapai pubertas pada umur 12 sampai 15 bulan, tetapi lebih baik dikawinkan setelah mencapai umur 2 tahun karena kuda betina yang dikawinkan pada umur yang muda tingkat kebuntingannya rendah. Siklus estrus seekor kuda betina rata-rata 21 hari dengan kisaran waktu antara 10 sampai 37 hari. Periode birahinya rata-rata 4 sampai 6 hari. Tanda-tanda birahi kuda meliputi gelisah, ingin ditemani kuda lain, urinasi berulang kali serta pembengkakan dan pergerakan vulva.

Saat kawin ovulasi terjadi pada saat-saat akhir periode estrus. Telur yang dihasilkan dapat hidup selama 6 jam sedangkan sperma pejantan dapat bertahan hidup sekitar 30 jam dalam saluran reproduksi betina. Rata-rata masa kebuntingan kuda 335 hari dengan kisaran 315 sampai 350 hari.

Pemeriksaan kebuntingan dapat dilakukan dengan melakukan palpasi rectal sekitar 60 hari setelah kawin. Tanda-tanda awal kelahiran berupa membesarnya ambing, otot-otot vulva berelaksasi, ligamentum pelvis berelaksasi, menjauhi kuda lain (menyendiri ), gelisah.

2 comments:

piven said...

ternyata telur kuda hanya mampu bertahan selama 6 jam, tetapi kenapa sperma mampu bertahan selama 30 jam?
padahal sperma manusia mampu bertahan selama 7 hari? memang bedanya dimana sih? apa makanan sperma tiap jenis berbeda? memang makanan sperma apa ajah sih? apa bentuknya sperma tiap jenis berbeda?
saya pernah baca, katanya kuda mangalami peningkatan kumlah sperma pada bulan mei dan juni, mengapa?
memangnya bulan yang lainnya lebih rendah?
maaf yah jadi banyak tanya...
hanya ingin tau lebih, maksih

wawunx said...

-hal ini dikarenakan sperma harus tetap berada dalam saluran reproduksi betina dalam jangka waktu tertentu agar sperma dapat membuahi ovum secara efektif.

-untuk bentuk sperma dari tiap spesies ada yang sama dan ada juga yang berbeda walaupun fungsinya sama yaitu untuk membuahi ovum.

-benar sekali bentuk dari tiap sperma dari mahluk hidup berbeda2

-karena pada kuda hipofisenya diaktifkan oleh periode yang panjang atau penambahan terang, sehingga puncak fertilitas terjadi pada bulan mei-juni.

Artikel Terkait